Bandwidth Controller

Bandwidth Controller bertujuan untuk mengatur bandwidth dari untuk pemakaian Internet, agar semua komputer pada satu jaringan yang sama mendapatkan bagian Bandwith yang sama. Bila di sebuah jaringan komputer yang terdidiri dari beberapa komputer dan menggunakan jaringan internet yang sama, bila tidak ada Bandwith Controller maka pemakaian internet pada setiap komputer tidak merata. Sebab komputer yang melakukan download dengan size yang besar maka bandwith komputer akan dialihkan kepada komputer yang sedang mendownload tersebut, sementara komputer lain bandwithnya akan drop (melambat)

Penempatan software Bandwidth Controller sangatlah penting,karena dengan software ini anda dapat membagi bandwith internetnya ke seluruh komputer dengan sama besar (merata) sehingga cocok digunakan untuk bidang usaha Warnet.

Bandwidth Controller tidaklah sama dengan server, server bertugas hanya sebagai gerbang membuka atau menutup jalur antara provider dengan komputer lainnya (client), Server dapat memblok sebuah komputer client agar tidak terhubung dengan Internet, server juga dapat menutup jalur akses sebuah situs ke komputer client, sehingga client komputer tidak dapat mengakses situs tersebut; Contohnya sebuah server dapat memblokir agar komputer client tidak dapat mengakses situs facebook.com. Sementara server tidak dapat untuk membagi Bandwith.

Fungsi Bandwith Controller :

  • Mengatur download dan upload komputer lain untuk data trafik.
  • Prioritas bagi komputer atau beberapa komputer untuk mengakses data pada jaringan network maupun internet.
  • Memblock atau memfilter paket baik keluar dan masuk pada sebuah komputer atau grup didalam LAN baik mengkontrol dari lapis network 3 dan 7.
  • Pengaktifkan batas dan prioritas bagi komputer lain termasuk pengaktifkan dengan waktu tertentu.

Bandwidth Controller bisa dikatakan sebagai software pembatas bagi komputer lain atau memberikan prioritas bagi komputer lain agar bisa mengakses data internet maupun data lokal.

Bandwidth Controller dapat melakukan pembatasan atau membagi kecepatan trafik didalam jaringan . Bahkan software ini dapat membatasi kecepatan maksimum bagi komputer lain yang dianggap terlalu banyak menggunakan data trafik. Bandwidth Controller juga memiliki beberapa fitur sangat baik sehubungan dengan kebutuhan traffic didalam sebuah jaringan network.

Dibawah ini beberapa kemampuan dari Bandwidth Controller :

  • Memberikan batasan pemakaian Bandwith iternet ke beberapa komputer atau group komputer dengan menggunakan trafik data ke server.
  • Membatasi atau membagi kecepatan trafik data seperti pembagian maksimum atau minimum dari pemakaian bandwidth
  • Membatasi pemakaian akses internet ke komputer tertentu.
  • Mengatur waktu pemakaian Internet, anda dapat mengatur waktu pemakaian internet kapan komputer bisa dipakai internet dan kapan komputer tidak dapat terhubung dengan internet.
  • Memberikan prioritas dari sebuah protokol seperti memberikan prioritas access pemakai protokol VOIP.
  • Dan fitur terbaik adalah dapat menampilkan daftar komputer yang mana yang terlalu banyak mengunakan bandwidth, sehingga dapat seorang Admin dapat terus memantau kegiatan / aktifitas computer lain didalam jaringan LAN.
  • Bahkan Bandwidth Controller menampilkan kemanakah sebuah komputer sedang mengakses data dengan menampilkan koneksi dari nomor IP server didalam daftar list bandwidth Controller.

Cara kerja dari Bandwidth Controller

Software Bandwidth Controller dipasang atau diinstall pada sebuah Komputer yang memiliki access data keluar jaringan. Misalnya komputer sebagai server / Gateway atau router yang mengunakan 2 ehternet card dimana 1 card untuk koneksi internal LAN terhubung ke HUB network, dan sebuah lagi terhubung ke jaringan internet. Sehingga seluruh koneksi computer ke komputer server tersebut dapat diatur oleh Bandwidth Controller. Karena seluruh jalan keluar masuk harus melalui server maka Bandwidth Controller dapat memantau computer lain seperti melihat kemana saja komputer tersebut terhubung, berapa banyak koneksi yang dilakukan atau berapa besar bandwidth yang digunakan oleh masing masing komputer.

Bandwidth Controller secara mudah mengatur berapa kecepatan maksimum dari sebuah komputer untuk mendownload atau upload secara realtime di setiap komputer atau grup komputer. Baik sebuah komputer atau group dapat dibatasi kecepatan mendownload atau upload melalui komputer server.

Bandwidth Controller tidak memerlukan software tertentu pada komputer client dan cukup dipasangkan pada komputer server saja. Karena Bandwidth Controller mengatur dan menangkap semua packet data yang melewati ethernet card. Dengan cara demikian, maka seorang staff IT bisa saja mengurangi kecepatan internet dari dari satu buah komputer tanpa campur tangan si pemiliknya. Cara ini akan bermanfaat bila didalam sebuah jaringan network terdapat seorang staf yang terlalu sibuk mendownload dan mengambil trafik data internet sehingga menganggu pekerja lain yang membutuhkan.

Klik disini untuk mendownload:

http://bandwidthcontroller.com/download.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: